Ingin meningkatkan karir dan performa bisnis? Pelajari ilmu terbaik dan terkini tentang Manajemen SDM klik disini.

≡ Menu

Quo Vadis Manajemen SDM? (Pertanyaan untuk Praktisi HRD)

Manusia adalah aset terpenting dalam setiap bisnis, juga bisnis Anda, benarkah? Ini adalah pernyataan yang penting dan mendasar namun sayang dalam banyak perusahaan hal ini hanya jargon doang. Sebatas paparan lisan dalam presentasi dan tulisan indah dalam laporan-laporan tahunan yang jauh dari komitmen pelaksanaan. Bila Anda seorang pengelola SDM inilah tantangan dan pertaruhan kredibilitas Anda sebenarnya.

Memang dalam banyak praktek di berbagai perusahaan, Departemen SDM hanyalah berperan dalam aspek pengelolaan administratsi personalia semata.  Terkesan jauh dari peran strategis yang ikut mengendalikan arah bisnis dan masa depan perusahaan. Karenanya manajer SDM seringkali kikuk bila harus duduk bersama dengan departemen lainnya mendiskusikan strategi bisnis dan arah perusahaan.

Baiklah kondisi kebanyakan pelakon HRD di negeri ini memang demikian adanya, terjebak dalam urusan tetek bengek administrasi personalia. Lantas apa yang  bisa kita lakukan untuk menerobos kebuntuan ini dan mewujudkan mimpi besar ini: Our most important asset is our great people?

Inilah dua langkah kunci yang bisa kita tempuh:

  1. Memahami bahwa HRD itu selaras dengan dinamika bisnis perusahaan
  2. Membekali diri dengan ilmu terbaik dan terkini dalam manajemen SDM

HRD ⇔ Arah dan Dinamika Bisnis

Para praktisi HRD di setiap perusahaan wajib mengetahui perkembangan industri dan dinamika bisnis yang melingkupi perkembangan perusahaan. Mengetahui tren bisnis masa depan dan mengetahui posisi perusahaan dalam peta pasar yang semakin kompetitif.

Tentu ini bukanlah hal mudah mengingat masih banyak pengelola SDM yang gagap bila ditanya berapa total sales dan market share produk yang dipasarkan oleh perusahaannya. Lanksap bisnis terus berubah dan peta persaingan perlu terus diikuti dan dipahami.

Bila bagian HRD perusahaan gagal memahami arah dan strategi bisnis perusahaan maka hampir bisa dipastikan inilah awal kegagalan perusahaan untuk melahirkan pemimpin bisnis masa depan yang sanggup menunggangi persaingan yang semakin liar.

Kursus Online: Ilmu Manajemen SDM

Kursus Manajemen SDMLangkah berikutnya tentu saja adalah membekali diri dengan pemahaman yang solid mengenai berbagai konsep dan praktek pengelolaan SDM yang benar. Para pengelola departemen SDM mesti mampu merumuskan dan merealisasikan strategi pengembangan SDM yang integratif dengan kebutuhan bisnis perusahaannya.

Dalam hal ini, mereka mestinya juga dapat memahami dan mampu mengaplikasikan beragam metode pengembangan SDM dengan tepat sasaran. Sebab rasanya ganjil jika kita memiliki niatan untuk mendidik orang lain, namun ilmu dan metode yang kita kuasai ternyata tidak kuat. Ini ibarat mau menjadi seorang guru, namun dengan bekal ilmu yang kosong.

Jika ini yang terjadi, maka sang murid tidak akan bertambah pandai namun mungkin sebaliknya, sang murid itu justru kian bertambah pandir. Tanpa dibekali dengan ilmu manajemen SDM yang kokoh, bagaimana mungkin para pengelola SDM itu akan mampu memintarkan para karyawan perusahaannya?

Dua langkah kunci diataslah yang akan mampu membuat peran para pengelola departemen SDM menjadi lebih strategis dalam mengarahkan masa depan perusahaan. Dengan itu pula, para pengelola SDM akan benar-benar mampu mewujudkan kata-kata “our most important asset is our great people” menjadi sebuah kenyataan yang indah.

Sebaliknya tanpa proses transformasi diatas, peran para pengelola SDM akan makin terpinggirkan, dan fenomena the death of HR people bisa menjadi sebuah kenyataan pahit yang terpaksa mesti ditelan.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment